11/08/16

Cara Debug Code di Visual Studio

Exhacking.net - Dalam artikel ini kita akan belajar tentang bagaimana mendebug sebuah kode yang kita buat untuk mencari  sebuah bug yang masih menempel didalam kode tersebut agar software yang kita buat bisa bekerja dengan maksimal, disini juga kami akan menjelaskan  bagaimana melakukan breakpoints setup dan debugging hal terkait lainnya.

Apa yang di sebut Debugging?
Debugging adalah proses untuk menscan sebuah kode programan melalui eksekusi kode pada saat run-time dan mengevaluasi apakah kode yang ditulis bekerja seperti yang diharapkan.
Hal ini berguna untuk mencapai garis kode tertentu dan lebih lanjut,  Anda dapat menggali jauh ke dalam kode yang Anda tulis dari satu fungsi ke yang lain, melihat perubahan dalam nilai-nilai variabel dan melakukan lebih banyak lagi. Ini benar-benar membantu ketika Anda tidak dapat mencari tahu mengapa kode Anda tidak bekerja sesuai logika Anda.

Apa itu Breakpoint?
Untuk menggunakan debugging kita perlu breakpoints. Breakpoints adalah lokasi di baris kode di mana kita ingin memulai debugging.
Dari titik itu Anda dapat mengeksekusi setiap baris kode satu persatu, Anda juga dapat men-setup beberapa breakpoints.
Sekarang mari kita lihat bagaimana untuk memulai setup breakpoint.

Bagaimana Cara Mempersiapkan Breakpoint?
Sebuah breakpoint dapat dimulai  dengan dua cara, satu adalah dengan menggunakan mouse dan yang kedua menggunakan keyboard. Keduanya sama-sama mudah. Dengan mouse Anda hanya perlu klik pada vertikal cahaya abu-abu pada bar di kiri sejajar dengan kode. Sementara mengklik, mouse harus berada di depan garis kode yang diinginkan . Setelah klik Anda akan melihat lingkaran merah muncul pada bar abu-abu. Lihat di bawah screenshot untuk referensi.
Sekarang dalam kasus keyboard, Anda harus mengklik pada baris kode di mana Anda ingin membuat breakpoint dan kemudian hanya tekan tombol F9 dan lingkaran merah akan muncul seketika setelah menekan tombol.

Menghapus breakpoint mirip dengan pengaturan itu, Hanya melakukan langkah di atas lagi dan Anda akan melihat bahwa lingkaran merah menghilang dan dengan demikian breakpoint akan dihapus, Jadi dua cara di atas hanya mematikan breakpoint.

Bagaimana Cara Debug?
Sebagai contoh saya telah membuat software konsol sederhana menggunakan visual studio dan saya telah memasang breakpoint di kode tersebut, contoh seperti gambar di bawah .
Jika Anda tertarik untuk membuat software konsol sederhana ini, Anda dapat mencoba code di bawah ini.
using System;
using System.Collections.Generic;
using System.Linq;
using System.Text;
using System.Threading.Tasks;

namespace ConsoleApp
{
    class Program
    {
        static void Main(string[] args)
        {
            int index = 0;
            for (int i = 0; i < 10; i++)
            {
                index = index + 1; //Incrementing index
            }
        }
    }
}
Sekarang tekan F5 untuk menjalankan Software ini, Anda akan melihat eksekusi akan berhenti di breakpoint dan pernyataan breakpoint aktif menjadi kuning, Pada tahap ini Anda dapat memeriksa nilai-nilai variabel dengan melayangkan cursor tepat di atas variabel seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.
Ada empat kunci yang akan membantu Anda dalam debugging :
  1. F5 - Menjalankan eksekusi ke breakpoint berikutnya, di mulai hits breakpoint pertama
  2. F9 - Toggles breakpoint, set / Menghapus
  3. F10 - Langkah ke pernyataan kode berikutnya
  4. F11 - Langkah dalam kode fungsi jika pernyataan saat ini memiliki fungsi panggilan jika hanya beberapa langkah ke pernyataan kode berikutnya.
Selamat Belajar !!!
Haris 32
Haris 32

I'm Just A Writer blogger usual And Happy to do some experiments And my dreams Want To Become A programmer and i love Linux.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar jika ada yang ingin di tanyakan šŸ˜Š