19/02/17

Cara Mendeteksi alamat IP Konflik di Linux

Exhacking.net - Alamat IP (IPv4) adalah sumber daya yang langka yang dibagi oleh pengguna dan perangkat yang berbeda.
Memiliki konflik alamat IP berarti bahwa ada lebih dari satu perangkat jaringan atau komputer yang mengklaim alamat IP yang sama.
konflik alamat IP dapat terjadi ketika server DHCP telah diberikan alamat IP untuk satu komputer, dan alamat IP yang sama digunakan secara  statis ke perangkat jaringan lain oleh seseorang.

Konflik alamat IP juga dapat terjadi ketika ada lebih dari satu server DHCP (biasanya  di router) terhubung ke jaringan lokal, secara otonomi memberikan alamat IP dari subnet yang sama.
Jika Anda mengalami konektivitas jaringan yang terganggu, dan menduga itu adalah karena konflik alamat IP, Anda dapat menggunakan tools yang disebut arp-scan untuk mendeteksi konflik alamat IP di Linux .

arp-scan
mengirimkan paket ARP pada jaringan lokal untuk mengumpulkan (alamat IP, Ethernet MAC address).Jika ada lebih dari satu alamat Ethernet MAC mengklaim alamat IP yang sama, itu berarti ada konflik IP.

Untuk menginstal arp-scan pada Ubuntu atau Debian :
# sudo apt-get install arp-scan

Untuk menginstal arp-scan pada CentOS, Fedora atau Redhat :
# sudo yum install arp-scan

Untuk mendeteksi konflik alamat IP dengan arp-scan , jalankan berikut.
# sudo arp-scan -I eth0 l
Berdasarkan contoh output yang ditunjukkan di atas, alamat IP 192.168.1.39 bertentangan ( Konflik ), di mana dua alamat MAC yang berbeda mengklaim alamat IP yang sama.
Haris 32
Haris 32

I'm Just A Writer blogger usual And Happy to do some experiments And my dreams Want To Become A programmer and i love Linux.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar jika ada yang ingin di tanyakan 😊